sholat-dhuha-dan-zikir-bersama-bagi-siswa-man-mabar-yang-terlambat-

Sholat Dhuha dan Zikir Bersama, Bagi Siswa MAN Mabar yang Terlambat 

MAN Mabar (Humas) - Akibat terlambat ikut apel pagi dimadrasah, sebanyak 30 siswa MAN Mabar, diberikan sanksi shalat dhuha dan zikir bersama di lapangan, Senin (2/3/2020).

 Hal baru dan berbeda  dilakukan oleh madrasah MAN Mabar bagi siswanya yang sering bangun kesiangan terlambat sekolah maupun yang tidak mengikuti upacara bendera tiap pagi senin, tidak lagi dihukum dengan berlari keliling lapangan upacara, dijemur di bawah sinar matahari, dimarahi dan diceramahi.  Itu semua sudah tidak  lagi,karena sudah diganti  dengan sholat dhuha serta zikir bersama  di lapangan.

 

“Sholat dhuha dan zikir bersama  ini sebenarnya tidak hanya sebagai hukuman, tapi juga sebagai pembinaan rohani, sekaligus  membiasakan siswa untuk melaksanakan sholat dhuha, zikir dan sholawatan bersama di madrasah,"ujar ibu Arinah,S.Pd, guru BK MAN Mabar.

 

Lebih lanjut Arinai menjelaskan, bisa jadi hukuman ini menyadarkan mereka, siswa jadi rajin mengerjakan amalan sunnah tersebut, dari yang tadinya cuma terpaksa karena disuruh guru, sekarang sholat dhuha dan zikir menjadi sebuah kebutuhan baginya. Inilah keunggulan menggunakan sholat dhuha sebagai hukuman bagi siswa yang datang kesiangan dan tidak mengikuti upacara bendera di MAN Mabar, dibandingkan dengan hukuman lain,seperti lari mengelilingi lapangan upacara, membersikan toilet, dan diceramahi selama ini.

 

Arinah berharap dengan diberlakukan sistem hukuman dan pembinaan rohani seperti ini, dapat membuat  siswa lebih  rajin dan tidak terlambat lagi kedepannya, sehingga madrasah dapat melahirkan generasi - generasi disiplin kedepan.**(novan)